Diposkan pada Blog Sejarah Tulungagung

KHR. KHASAN MIMBAR; PENGHULU PERTAMA KADIPATEN NGROWO DI KALANGBRET

SOSOK TOKOH ISLAM TULUNGAGUNG. Daerah Tulungagung memang begitu banyak khasanah sejarah lokalitas dan tokoh yang perlu untuk didokumentasikan. Sebelum adanya nama Pemerintahan Tulungagung, dulunya memiliki nama pemerintahan yang bernama daerah Ngrowo. Sebagian sosok tokoh Islam dalam membangun peradabannya memang masih bernama daerah Ngrowo. Sehingga yang perlu ditekankan disini adalah masa pemerintahan dan sosok tokoh Islam dalam menyebarkan syariat Islam di daerah Ngrowo, sebut saja KHR. Khasan Mimbar.

KHR. Khasan Mimbar mendapatkan tugas untuk berdakwah di suatu daerah yang kini dikenal dengan sebutan Majan. Sudah tidak asing lagi nama Beliau dikenal, apalagi dikaitkan dengan istilah Kawin Majan. Pada tahun 1727 sesuai dengan layang kekancingan dari bupati pertama Pemerintahan Ngrowo di Kalangbret, yaitu Kiai Ngabei Mangoendirono.

KHR. Khasan Mimbar dan Kiai Ngabei Mangoendirono memiliki hubungan kekerabatan, bahwasanya sosok kedua leluhur tersebut membangun peradaban Pemerintahan Ngrowo saat masih di Kalangbret apalagi berkaitan dengan daerah Majan. Dengan adanya peradaban tersebut, memberikan kontribusi pembangunan dari masa ke masa pada daerah yang kita kenal saat ini, Tulungagung.

KHR. KHASAN MIMBAR; PENGHULU PERTAMA

Berdasarkan layang kekancing berangkakan 1727, memberikan petunjuk mengenai awal peradaban KHR. Khasan Mimbar untuk mensyiarkan ajaran Islam di Kadipaten Ngrowo di Kalangbret. Layang kekancingan menyatakan bahwa KHR. Khasan Mimbar mulai berdakwah di Kadipaten Ngrowo mulai tahun 1727 sesuai dengan layang kekancing, terutama di daerah Majan.

Menurut layang kekancingan selama ini dipercayai oleh keluarga keturunan KHR. Khasan Mimbar, bahwasanya leluhurnya merupakan sosok tokoh Islam yang ditunjuk langsung oleh bupati saat itu untuk mensyiarkan ajaran dan nilai-nilai Agama Islam, seperti yang tertuang dibawah ini;

Asesulih ingsun ing siro Dimas Kaji Mimbar ing angetrapaken chukum nikah ing wong wadon  kang duwe wali lan kang ora duwe wali, lan ing talak, lan ing faasah, lan ing dhihar, lan ing li-an, lan ing ila’, lan ing netak, lan ing nikah, lan ing iddah, lan ing rujuk, lain ing chuluk, lan ing ngiwadl, lan ing ngakawin, lan ing… lan ing kene; lan ing zakat, lan ing fitrah, lan ing waris, lan ing ta’zir kang metu soko perkoro kang wus kasebut ngarep iku mau kabeh amatrapi chukum ing wong kang ono ing bumi desa kang podo ka-ereh ing adiku Mas Kaji Mimbar kabeh.

Serat, Akhad 16 Rabi’ul Akhir tahun 1652 Jw. 1727 Masehi.

Layang kekancingan di atas merupakan wujud tugas mulia bagi KHR. Khasan Mimbar untuk mengemban syiar dakwah Islam di Majan. Bukti tersebut juga dijadikan keturunan KHR. Khasan Mimbar untuk memperingati hari jadi Majan, atau cikal bakalnya Majan.

Secara tidak langsung KHR. Khasan Mimbar adalah penghulu pertama di Kadipaten Ngrowo saat di Kalangbret dan di Majan. Daerah Majan dan KHR. Khasan Mimbar memang memiliki kesatuan peradaban yang tidak bisa dilepaskan, mengingat angka tahun 1727 memiliki peradaban yang sudah tua.

Nilai penting yang perlu untuk diketahui bahwasanya kawasan Majan adalah daerah memiliki peradaban tua. Sejarah lokal memberikan nuansa ilmu pengetahuan yang dapat dijadikan pelajaran bagi setiap generasi nantinya. Kini keberadaan Majan dan KHR. Khasan Mimbar tinggal kenangan dan tentunya bisa dijadikan daerah peradaban tua untuk menelisik sejarah peradaban Islam di Tulungagung secara umum. Perlu untuk dicatat angka tahun 1727 merupakan awal keberadaan Majan dan KHR. Khasan Mimbar.


Untitled-1

Penulis:

Mengawali dengan narasi lokalitas untuk menggali potensi kedaerahan agar tidak musnah. email: guschod@gmail.com

Tinggalkan komentar